Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka FASE Fondasi, A, B, C, D dan F
Pada kesempatan ini mimin ingin berbagi nih soal capaian pembelajaran di kurikulum merdeka yuks simak.....
Kurikulum merupakan “ruh” pendidikan yang harus dievaluasi secara inovatif,
dinamis, dan berkala sesuai dengan perkembangan zaman dan IPTEKS, kompetensi yang
diperlukan masyarakat dan pengguna lulusan. Perubahan kurikulum – dengan demikian –
menjadi keniscayaan. Bahkan, perkembangan IPTEKS yang sangat cepat tidak lagi
memungkinkan dunia pendidikan berlama-lama dengan “zona nyaman” kurikulum yang
berlaku.
Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan. Capaian Pembelajaran mencakup sekumpulan kompetensi dan lingkup materi, yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.
Istilah capaian pembelajaran kerapkali digunakan bergantian dengan kompetensi, meskipun
memiliki pengertian yang berbeda dari segi ruang lingkup pendekatannya. Allan dalam
Butcher (2006) menjelaskan bahwa banyak terminologi digunakan untuk menjelaskan
educational intent, di antaranya adalah; learning outcomes; teaching objectives;
competencies; behavioural objectives; goals; dan aims.
Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah terdiri dari 6 fase (A–F), atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SDLB, SMPLB, SMALB, Paket A, Paket B, dan Paket C). Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah juga disusun untuk setiap mata pelajaran.
Dalam dokumen Capaian Pembelajaran terdapat empat komponen, diantaranya
- Rasional Mata Pelajaran: Memuat alasan pentingnya mempelajari mata pelajaran tersebut dan keterkaitan antara mata pelajaran dengan salah satu (atau lebih) Profil Pelajar Pancasila.
- Tujuan Mata Pelajaran: Kemampuan atau kompetensi yang perlu dicapai peserta didik setelah mempelajari mata pelajaran tersebut.
- Karakteristik Mata Pelajaran: Deskripsi umum tentang apa yang dipelajari dalam mata pelajaran serta elemen-elemen mata pelajaran, yang didalamnya terdapat kompetensi - kompetensi yang ingin dicapai .
- Capaian Pembelajaran Setiap Fase: Deskripsi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, serta kompetensi umum. Selanjutnya diturunkan menjadi capaian pembelajaran menurut elemen yang dipetakan menurut perkembangan siswa.
- Berikut ini link Capaian Pembelajaran Untuk setiap Fase ----->>>
0 komentar:
Posting Komentar